Home » » Inilah 5 Hari Raya Bagi Orang Beriman

Inilah 5 Hari Raya Bagi Orang Beriman

Posted by PENGAJIAN TASAWUF on Saturday, June 24, 2017


Bagi agama manapun hari raya adalah hari kemenangan. Penyebutan hari raya bukan hanya dikenal bagi kaum muslimin tapi agama lain juga demikian. Seperti hari raya natal bagi agama Kristen dan hari raya Nyepi bagi agama Budha dan lain sebagainya. 

Jika didalam islam, makna hari raya tentu mengarah pada dua hari dalam setahun, pertama Hari Raya Idul Fitri dan kedua Hari Raya Idul Adha. Hari raya dikenal bagi seluruh umat muslim tapi lain halnya dengan sahabat Ali bin Abi Thalib, beliau mengatakan hari raya itu banyak. Ada hari raya dalam setahun, yaitu dua hari yang telah tersebutlah diatas dan ada hari raya dalam seminggu, yaitu hari raya jumat. 

Namun ada diberapa kitab meriwayatkan bahwa ada hari raya yang lebih indah dan penuh Rahmat dari hari raya yang telah dijelaskan diatas. Apakah hari raya itu : 

Anas bin MaliK R.A, berkata :

"Ada lima hari raya bagi orang beriman :

1. Hari dimana orang beriman berjalan dan tidak tertulis padanya suatu dosa maka demikian itu adalah hari raya.

2. Hari dimana orang beriman keluar dari dunia  (meninggal) dengan iman, ia dapat bersaksi dan terjaga dari hampiran syaitan, maka demikian itu adalah hari raya.

3. Hari dimana ia dapat melewati jembatan siratul Mustaqim, aman dari segala keadaan akhirat dan ia terbebas dari perselisihan malaikat zabaniyah, maka hal tersebut itu adalah hari raya.

4. Hari dimana ia masuk kedalam surga dan aman dari api neraka jahim, maka tersebut itu adalah hari raya.

5. Hari dimana ia dapat melihat Tuhannya maka hal ini termasuk hari raya.

Inilah hari rayanya orang beriman. Semoga kita termasuk salah satu diantara lima diatas, walaupun sangat sulit untuk mendapatkan keseluruhan yang limanya.

Sumber : 
Kitab Durratun Nasihin


SELAMAT HARI RAYA FITRAH. MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Thanks for reading & sharing PENGAJIAN TASAWUF

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Loading...
'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();