Home » » 9 Kelompok Wanita Yang Harus Dihindari

9 Kelompok Wanita Yang Harus Dihindari

Posted by PENGAJIAN TASAWUF on Thursday, June 22, 2017


Wanita didalam islam merupakan simbol terpenting. Tidak hanya itu, baik atau rusaknya suatu negeri dan dunia ini adalah tergantung pada Wanita. Jika baik wanita maka dunia akan baik demikian juga sebaliknya. Oleh karenanya Rasulullah SAW dalam banyak hadistnya terkadang memuji wanita disatu sisi dan juga melaknat wanita di sisi lainnya. Selain itu hal yang terpenting lainnya adalah wanita juga dapat merubah suatu keluarga. Sebuah keluarga dapat menjadi ahli neraka karena sang wanita dan juga dapat menjadi ahli surga juga karena wanita. 

Lalu bagaimanakah menilai dan membedakan wanita yang baik ataupun buruk dalam islam ? bagimanakah memilih wanita didalam sebuah keluarga ataupun seorang istri yang dianjurkan ? 

Tentu sangat banyak jawabannya, namun disini hanya ditinjau dari bentuk tabiat hewan atas wanita. Karena sesungguhnya beberapa sifat hewan juga sama seperti halnya pada manusia. Itulah sebabnya mengapa didalam ilmu mantiq, kita manusia dengan hewan lainnya disebut hewan, jika kita disebut Hewan Nathiq (hewan yang dapat berbicara) maka segala binatang lainnya disebut sebagai Hewan Ghairu Nathiq (hewan yang tidak dapat berbicara).   

Mengenai 9 sifat atau tabiat wanita yang harus dihindari adalah terdapat didalam kitab yang bernama Tajul Muluk, karya Syeikh Abdul Adhim Al-Munziri, hal. 86-87. Kitab ini berisikan mengenai beberapa hal ghaib dan obat-obatan bagi segala penyakit, termasuk mengenai sifat-sifat dan tabiat wanita. Syeikh Abdul Adhim Al-Munziri merincikan sebagai berikut : 

Pertama : Wanita Ber-tabiat Babi
Wanita seperti tabiat babi adalah wanita yang tiada berbuat baik kecuali mereka hanya makan dan minum untuk memenuhi perutnya. Mereka sering membuat rusak alat dapur, tidak pernah keluar dari rumah, tidak mengenal agama, baik puasa dan shalat serta ia jarang berbuat amal kebajikan dan sering berbuat keburukan didalam rumah. Adapun kelebihan perempuan ini adalah ia dapat menghindari dengan cepat jika terjadi masalah didalam rumah tangganya ataupun terhadap dirinya sendiri. 

Kedua : Wanita Ber-tabiat Kera
Wanita yang seperti Tabiat Kera adalah wanita yang gemar memakai kain yang berwarna merah, hijau dan kuning. Sifat wanita ini sering menggunakan perhiasan pada dirinya dan sering memamerkan kebesaran perhiasan tersebut pada suaminya. Adapun kelebihan wanita bersifat kera adalah ia sulit dicekal atau dihina karena ia berada selalu dalam kelompok ataupun bersatu dalam satu kekompakan.

Ketiga : Wanita Ber-tabiat Anjing   
Wanita bertabiat anjing adalah wanita yang selalu memalingkan wajahnya jika suami sedang berbicara. Selain itu ia juga membantah perkataan suaminya dan mengarung seperti anjing dan babi. Wanita ini akan berbahagia dan sangat menyayangi suaminya jika suaminya membawa pulang harta. Apabila tiada, maka ia berpaling dan membenci suaminya serta dicercanya. Adapun kelebihan wanita bertabiat anjing ialah ia sangat patuh dan berkerja dengan keras dalam segala hal apabila ada sesuatu yang ia ingini. 

Keempat : Wanita Ber-tabiat Baghal
Baghal berarti keledai. Adapun wanita yang bertabiat seperti ini adalah wanita yang apabila merasa ketakutan walaupun pada hakikatnya tidak membawa mendharat baginya maka ia akan menghindari. Kelebihan Wanita bertabiat ini adalah ia dapat meredamkan semua masalah pada dirinya ataupun keluarganya. Selain itu ia juga pandai menuntaskan segala perkara yang ia hadapi.

Kelima : Wanita Ber-tabiat Ular
Wanita ini memiliki sifat yang selalu menaruh rasa dendam. Jika ada kesalahan ataupun kejahatan yang dilakukan atas dirinya, keluarganya, atau suaminya maka pelampiasan kekesalan tersebut ditaruhkan kepada orang lain. Adapun kelebihan wanita ini adalah ia pandai menyimpan rahasia yang ada pada dirinya dan waniat seperti ini sulit dinilai oleh orang sesamanya. 
  
Keenam : Wanita Ber-tabiat Kalajengking
Wanita ini sering berkeliling dirumah atapun kampung tetangganya, tujuannya adalah untuk mengumpat dan mengadu-ngadu domba. Selain itu ia juga memiliki tabiat suka kepada perdebatan dan wanita ini tidak takut sama sekali dengan ancaman dan bahaya atas dirinya, baik ancaman dunia ataupun akhirat. Adapun kelebihan wanita ini adalah ia berani dan tidak takut kepada siapapun. Jika keluarga dan dirinya terganggu maka ia berani melawannya.

Ketujuh : Wanita Ber-tabiat Tikus
Adapun tabiat wanita seperti tikus ini adalah ia sering mencuri harta suaminya dan juga harta keluarga ataupun temannya. Kelebihan wanita ini ia pandai menghapus jejak yang ditinggalinya, sehingga siapapun yang disekelilingnya tidak mengetahui bahwa keberadaan dirinya telah hadir ataupun telah lama hadir. 

Kedelapan : Wanita Ber-tabiat Unggas  
Wanita ini sering didalam rumah, ia sering beristirahat dan bersantai. Dan apabila suaminya datang ia sering menanyakan tentang kadar, ukuran dan hasil harta yang dibawa pulang. Selain itu wanita ini memiliki sifat cemburu berlebihan terhadap harta jika ada harta yang dibagikan tidak lebih atau setara untuknya. Kelebihan wanita ini adalah ia pandai bersolek dan membuat cantik dirinya. Maka tak heran jika banyak yang menyukai wanita tersebut dan terlena untuk melihat dirinya. 

Kesembilan : Wanita Ber-tabiat Serigala   
Wanita ini pandai berkilah dan berpura-pura terhadap suami dan orang yang berada disekelilingnya. Jika suaminya datang ia selalu bertanya mengapa ia selalu ditinggal sendiri didalam rumah. Selain itu jika suaminya sedang pergi untuk keperluan keluarga ataupun pribadinya ia menganggap bahwa ia sengaja ditinggali dan suaminya pergi hanya bermain-main saja. 

Inlah 9 kelompok wanita yang harus dihindari. Namun jika diatas hanya membahas pada kelompok wanita yang harus dihindari saja, lalu tabiat hewan baik apakah yang harus dicari pada wanita ? 

Imam Syeikh Abdul Adhim Al-Munziri, melanjutkan : 

Adapun wanita yang bertabiat hewan terbaik adalah ia bertabiat Kambing. Wanita ini memiliki sifat shaleh dan selalu menyayangi suami, keluarga, tetangga dan teman-temannya. Wanita ini selalu memberi inspirasi kepada siapapun dan ia juga menjadi figur dan ingatan bagi siapa disekelilingya akan ajaran agama dan hal-hal yang mendekati diri kepada Allah SWT. Baik dari ilmu yang diajarinya, nasehat, pendidikan, cara, ataupun cara berpakaian pada dirinya akan menjadi simbol agamis bagi siapa yang melihatnya. 

Inilah 9 Tabiat Wanita yang Harus dihindari, tentunya tidak semua wanita yang bertabiat sepertimana pada penjalasan diatas. 


Sumber : 
Artikel Tgk. Habibie M. Waly S.TH

Thanks for reading & sharing PENGAJIAN TASAWUF

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Loading...
'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();